Monday 27 April 2015

BAHAYA MENGGUNAKAN HEADSET/EARPHONE TERLALU LAMA


Mendengarkan musik?  yaa. Itulah kebiasaan yang menyenangkan dan tentu digemari oleh banyak orang, apalagi menggunakan headset demi sensasi yang lebih, dalam mendengarkan musik. Bahkan seringkali kita jumpai banyak orang meninggikan volumenya agar terasa lebih jelas. Memang bagi sebagian orang, itu adalah hal yang biasa. Padahal itu semua sudah ada batasannya, yakni untuk orang dewasa, suara ringan yang bisa didengar adalah sekitar 
25 sampai dengan 40 DB, sedangkan untuk anak- anak sekitar 20 sampai 40 DB. Bagi anda yang sering menggunakan headset dalam waktu cukup lama, alangkah baiknya untuk dikurangi intensitas waktu yang lama itu. 


Namun taukah anda resiko dibalik menggunakan alat bantu mungil itu terlalu lama? Bahkan bisa sangat fatal bila dibiarkan terus menerus. Apa saja ya resikonya? Yuk kita simak sama-sama:

1. Dapat menyebabkan gangguan permanen pada indra pendengaran
     Mungkin Anda pernah merasakan berdenging di dalam telinga setelah menggunakan headset terlalu lama itu? Yaa, meski mulanya hanya seperti itu, namun dapat memicu efek yang lebih lainnya, yakni kehilangan fungsi pendengaran sekalipun usia masih muda. 

2. Dapat mengganggu kinerja otak
     Hal ini disebabkan karena adanya gelombang elektromagnetik yang berasal dari headset tersebut yang dapat mengganggu kinerja otak. Hal ini dikemukakan oleh Commitie on Emerging dan Newly Identified Helat Risk. Tentu itu dapat menjadi peringatan untuk kita terhadap benda itu. 

Nah, sekarang sudah tau kan gimana resikonya? Jadi, cara penggunaan headset yang baik adalah dengan tidak lebih dari 5 jam permingu, dan dengan batasan DB suara yang telah ditentukan dengan pasti untuk masing orang. Terimakasih, semoga bermanfaat :) #nutrisi pola hidup sehat


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

dirikuspesial. Powered by Blogger.